on . Hits: 174

Redaktur Majalah Badilag adakan Bincang Virtual “Kiat Menulis Berkualitas”

 1

Hari ini tanggal 26 juni 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 06 Dzulkaidah 1441 Hijriyah, Badan Peradilan Agama (Badilag) mengadakan acara “Kiat Menulis Berkualitas” bersama redaktur Majalah Badilag,acara ini di ikuti oleh berbagai kalangan mulai dari Hakim, Bagian Kepaniteraan dan Bagian Kesekretariatan di lingkungan Peradilan Agama secara streaming dan melalui aplikasi zoom, acara ini dibuka oleh Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang mana tujuan dari di ikutinya webinar ini sebagaima disampaikan oleh Tim Redaktur Majalah Badilag :

  1. Memperkenalkan eksistensi Majalah yang dimiliki Badilag
  2. Mendekatkan tim redaktur majalah kepada warga peradilan agama
  3. Menggugah semangat warga peradilan agama (khususnya hakim angk.VII dan VIII) untuk menulis
  4. Rekruitmen calon redaktur majalah (regenerasi)

Pak Dirjen Badilag sebagai Key Note Speaker menyampaikan Apresiasi tinggi dan luar biasa ditujukan kepada segenap Hakim Muda nan Millenial Peradilan Agama, yang dengan respon super cepat dalam menangkap kebijakan-kebijakan Dirjen Badilag, Hakim milineal wajib mendukung Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan hakim dan ASN peradilan, hal tersebut harus dilalui dengan menambah sedikit kerja keras, selain itu beliau juga menyampaikan beberapa capaian Badilag yang mampu menciptakan banyak inovasi ditengah Pandami Covid-19, diantaranya adalah:

  1. PTSP online (Pelayanan terpadu Satu Pintu secara Online), yang sangat memudahkan bagi siapapun untuk berkomunikasi dengan Ditjen Badilag;
  2. Upload putusan ke Direktori Putusan Mahkamah Agung RI semakin meningkat pesat;
  3. Menciptakan Aplikasi Validasi Akta Cerai, hal tersebut untuk menutup rapat akses pemalsuan terhadap akta cerai, ini merupakan satu-satunya aplikasi akta yang pertama di Indonesia;
  4. Aplikasi Gugatan Mandiri, pihak berperkara cukup menggunakan Android dari rumah untuk mendaftarkan perkaranya (form bentuk gugatan dimana pencari keadilan tinggal pilih saja);

Terakhir, Dirjen Badilag mengadakan sayembara yang ditujukan kepada Hakim dan seluruh peserta Bincang Virtual untuk membuat catatan kinerja badilag selama kepemimpinan Bapak Dr. Drs. H Aco Nur, S.H., M.H., pemenangnya akan mendapatkan hadiah khusus dari Pak Dirjen. Dan terahir Pak Dirjen juga menyampaian “lelah saya terbayar karena bertemu dengan ana-anak muda yang energik “ dalam mengikuti acara ini.

Dalam webinar ini di ajarkan bagaimana kiat kiat dalam membuat tulisan sebagaimana di sampaikan oleh beberapa narasumber Pak H.Ahmad Fausi,S.H.I dalam slidenya :

2

Narasumber yang lain yaitu Pak Ade Firman Fathoni,S.H.I.,M.S.I. juga menyampaikan kiat-kiat dalam membuat tulisan yaitu :

3

H.Edi Hudiata, Lc., MH dalam slide nya juga menyampaikan beberapa jurus jitu dalam merensi sebuah buku yaitu :

  1. Mengerti makna
  2. Fahami cakupan
  3. Kenali genre
  4. Kenali unsur
  5. Urutkan langkah meresensi, dan
  6. Kenali indikator penilaian buku

Diakhir sesi, tim redaktur majalah Badilag akan memberikan tugas kepada peserta dalam rangka menilai seberapa kuat keinginannya untuk bergabung dengan redaktur majalah Badilag, dengan pilihan tema sebagai berikut:

  1. Peradilan Modern Berbasis eCourt
  2. Kiat Implementasi 11 Aplikasi Badilag
  3. Menulis Berita Ttg Meeting Zoom Hari Ini
  4. Resensi Buku (Buku Dipilih Redaktur)

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan orang yang awam dalam membuat tulisan akhirnya menjadi tertarik untuk membuat sebuah tulisan atau berita yang baik agar bisa dinikmati pembacanya. Sekaligus menjaring penulis-penulis muda yang handal yang akan menjadi tim redaktur majalah Badilag yang akan datang.(fz)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Agama Pangkalan Bun

Jl. Pasir Panjang Kumpai Batu Atas KM 5,5

Telp: 0532 - 6709599
Fax: 0532 - 6709599

EMAIL KAMI

 

LOKASI KANTOR

 

KUNJUNGI SOSIAL MEDIA KAMI DI BAWAH INI

 

Instagram Icon min facebook logos PNG19751 yt