Tentukan Awal Ramadhan, PA Pangkalan Bun Bersama Pihak Terkait Lakukan Rukyatul Hilal

Tentukan Awal Ramadhan, PA Pangkalan Bun Bersama Pihak Terkait Lakukan Rukyatul Hilal

Pangkalan Bun- Pengadilan Agama Pangkalan Bun bersama pihak terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kota Waringin Barat (Kobar) melakukan rukyatul hilal (melihat bulan) guna menentukan awal ramadhan pada tahun 2018 M (1439 H).

Pemantauan hilal tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan alat teropong yang biasanya digunakan untuk rukyat. Kegiatan pemantauan ini dilakukan di Pantai Tanjung Penghujan, Pangkalan Bun, Selasa (15/5/2018) sore.

Beberapa pihak di lingkungan dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Kota Waringin Barat tampak ikut serta dalam kegiatan rukyatul ini. Dimulai dari Kementerian Agama, BPKD, Badan Hisab Rukyat, Pengadilan Agama, Badan Pertanahan Negara, Pemerintah Daerah, BMKG, hingga MUI.

Sementara, dari organisasi masyarakat (Ormas) dan komunitas tampak ikut serta dalam rangka melakukan pemantauan hilal juga. Diantaranya PCNU, PD Muhammadiyah, dan Komunitas Astronomi.

Menurut Hakim PA Pangkalan Bun Khairil Hidayat Agani, SHI yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan tujuan diadakannya kegiatan pemantauan hilal ini guna menentukan kapan jatuhnya awal ramadhan.

Berdasarkan pemantauan hilal menggunakan alat bantu teropong belum sampai saat ini ada hasil yang didapatkan atau dengan kata lain hilal belum terlihat.

"Tim Rukyat KOBAR tidak ada yang melihat Hilal sama sekali," kata Hakim PA Pangkalan Bun ini. Sehingga tidak ada sidang penyumpahan pada rukyatul hilal karena memang tak ada seorang pun yang melihat hilal.

Khairil Hidayat Agani mengatakan berdasarkan data, Ijtima/konjungsi terjadi pada hari selasa 15 Mei 2018 sekitar pukul 18.48. Sementara, Ketinggian bulan tepat berada pada posisi 0 - 29.74.

"Berdasarkan data hisab Kemenag Kab Kobar, kemungkinan bulan untuk dilihat sangat-sangat tipis sekali (tidak mungkin-red)," kata Khairil Hidayat Agani menambahkan.

Ketika ditanya terkait awal Ramadhan, pihaknya belum bisa memastikan karena masih menunggu hasil sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama RI malam ini.

Dalam pemantauan hilal kali ini sejumlah perwakilan dari PA Pangkalan Bun ikut serta, diantaranya Wakil Panitera H.M. Taberani, SH didampingi seorang stafnya. (AD PA P.Bun)

 

Pimpinan

Ketua PA Pangkalan Bun

Dr. Drs. H. Suryadi HS., S.H., M.H.

Informasi Perkara


Statistik Pengunjung

161827
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
262
216
2450
157936
5439
6362
161827

Your IP: 54.224.85.115
2018-06-23 21:20

SURVEY PELAYANAN MASYARAKAT PENGADILAN AGAMA PANGKALAN BUN

 

© 2017 Your Company. All Rights Reserved. Designed By Pengadilan Agama Pangkalan Bun