PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)

Selamat Datang di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Agama Pangkalan Bun Kelas I-B Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Pencari Keadilan Guna Mewujudkan Pelayanan Yang Cepat, Mudah, Transparan, Terukur, dan Terjangkau
PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana Peradilan Agama. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

E-COURT MAHKAMAH AGUNG

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.
E-COURT MAHKAMAH AGUNG

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Zona Integritas

Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM)
Zona Integritas


jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

 Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.


siwas

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.


biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


e court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

WAKA

Sesuai dengan amanat dari Mahkamah Agung dan juga untuk menjawab tuntutan dari masyarakat luas mengenai ketersediaan akses yang terbuka dan transparan dari lembaga peradilan, Pengadilan Agama Pangkalan Bun bertekad untuk membuka akses kepada publik sehingga diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi sesuai yang diharapkan.Dengan hadirnya website ini diharapkan dapat menunjang program transparansi informasi Peradilan dan sebagai implementasi dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan, khususnya informasi tentang proses peradilan, jadwal sidang, publikasi putusan, sarana dan prasarana serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang mencari keadilan.

5 1 2 3 4 3
01 / 06

5

5

02 / 06

1

1

03 / 06

2

2

04 / 06

3

3

05 / 06

4

4

06 / 06

3

3

RAMADHAN 1440 HIJRIYAH, WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA PANGKALAN BUN KELAS IB DAN HAKIM MADYA UTAMA RESMI DILANTIK.

Mengambil tempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Pangkalan Bun, Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun kelas IB YM. Dr. Drs. H. Suryadi HS, S.H., M.H. melantik Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun YM. Drs. Juaini. S.H. dan Hakim Madya Utama YM. Drs. Sanusi;

Kegiatan yang dilaksanakan dengan hikmat pada hari Senin tanggal 27 Mei 2019 bertepatan dengan tanggal 22 Ramadhan 1440 Hijriyah tersebut dihadiri oleh segenap hakim, pejabat fungsional, pejabat struktural beserta seluruh staf dan honorer Pengadilan Agama Pangkalan Bun. Tampak hadir pula mengikuti acara tersebut Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun YM. A.A. GD. Agung Parnata, S.H., CN.

“Saya bertugas sebagai Ketua di Pengadilan Agama Pangkalan Bun selama kurang lebih satu tahun dan selama itu pula saya tanpa didampingi oleh seorang Wakil Ketua tetapi Alhamdulillah sejak hari ini saya akan didampingi oleh wakil ketua Bapak Drs. Juaini. S.H., meskipun barangkali hanya beberapa Minggu saja, karena saya juga harus dilantik di Pengadilan Agama Jakarta Pusat beberapa pekan yang akan datang” ungkap pria kelahiran Jakarta ini dalam sambutannya;

WhatsApp Image 2019 06 11 at 11.48.16

Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa berdasarkan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI  Nomor : 1383/DJA/KP.04.6/IV/2019, tanggal 16 April 2019, perihal "Hasil Rapat TPM Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama", Hakim Pengadilan Agama Pelaihari dipromosikan menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun, Hakim Madya Utama PA. Palangkaraya dimutasi menjadi Hakim Madya Utama PA. Pangkalan Bun dan Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun dimutasi ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat Kelas IA.

 

WhatsApp Image 2019 06 11 at 11.43.19

 

Waka Pengadilan Agama Pangkalan Bun dalam salam perkenalannya menyampaikan kepada civitas Pengadilan Agama Pangkalan Bun, bagi yang belum mengenal dirinya maka disilakan untuk datang ke ruangan wakil ketua, “saya akan memperkenalkan diri saya di sana” ucap Waka PA. Pangkalan Bun dengan senyum khasnya. Bagi keluarga besar Pengadilan Agama Pangkalan Bun, Pria Kelahiran Tabanio Kalimantan Selatan ini adalah merupakan bagian keluarga yang telah lama pergi dan tak kembali. “Dulu beliau pernah tugas di sini, kemudian mendapatkan promosi ke Kalimantan Barat lalu ke Kalimantan Selatan dan sekarang Beliau kembali lagi ke PA. Pangkalan Bun Kalimantan Tengah menduduki Jabatan sebagai Wakil Ketua”, tambah Ibu Noor Inayah, S.H. Sekretaris Pengadilan Agama Pangkalan Bun kepada tim redaksi.

 

Menutup, sambutannya, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun memberikan motivasi kepada seluruh unsur di Kepaniteraan dan di kesekretariatan untuk bersinergi mengawal marwah Pengadilan Agama Pangkalan Bun menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Bertugas di Pangkalan Bun, saya semakin dekat dengan Kalbar tempat tinggal saya dan semoga saya bisa diterima dalam memberikan sumbangsih positif untuk Kemajuan Pengadilan Agama Pangkalan Bun ini”, tandas YM. Drs. Sanusi, Hakim Madya Utama yang hobi bermain tenis lapangan ini dalam salam perkenalannya.

WhatsApp Image 2019 06 11 at 11.44.39

 

 

Kemudian rangkaian acara ditutup dengan pembacaan Doa oleh YM. Ahmad Zuhri, SHI., M.Sy., Hakim Pratama Madya PA. Pangkalan Bun dan pemberian ucapan selamat oleh seluruh hadirin kepada dua pejabat yang baru saja dilantik. rilyatgani

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Informasi
  • Pengaduan
  • FORMAT GUGATAN DAN PERMOHONAN

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

No
Contoh Format
Aksi
1.
Panduan Mengajukan Gugatan
2.
Format Cerai Talak
3
Format Cerai Gugat
4.
Format Cerai Gugat Hadhanah
5.
Format Cerai Gugat Hadhanah dan Nafkah Anak
6.
Format Gugatan Cerai Gugat
7.
Format Cerai Talak Hadhanah
8.
Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair
9.
Format Cerai Talak Hadhanah Ghaib (Hilang)
10.
Format Cerai Talak Ghaib
11.
Contoh Format Wali Adhal
12.
Format Cerai Gugat Ghaib
13.
Format Cerai Talak Hadhanah Ghaib (Hilang) 2 tahun/lebih
14.
Format Cerai Gugat Ghaib Ghaib (Hilang) 2 tahun/lebih
15.
Contoh Permohonan Pengangkatan Anak
16.
Contoh format permohonan Waris
17.
Contoh Permohonan Dispensasi Nikah Anak Laki-laki
18.
Format Cerai Gugat penjara 5 tahun atau lebih
19.
Format Cerai Gugat pisah 2 tahun atau lebih
20.
Format Cerai Talak pisah 2 tahun atau lebih
21.
Format gugatan ta'lik talak

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Agama Pangkalan Bun

Jl. Pasir Panjang Kumpai Batu Atas KM 5,5

Telp: 0532 - 2031118
Fax: 0532 - 2031118

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Tabayun/Delegasi  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

LOKASI KANTOR